Tes populasi khusus adalah tes-tes yang digunakan untuk mengukur dari sisi usia, dsb, dan normal atau tidak normalnya seseorang. Maksudnya adalah tes ini dikembangkan untuk digunakan kepada orang yang tidak bisa diukur dengan cara yang biasa atau alat ukur tradisional. Misal: seseorang yang memiliki pendengaran yang lebih, tetapi memiliki kekurangan dibagian lain. Contoh: tes untuk penyandang cacat, tuna grahita, tuna netra, dll.
Tes ini dikembangkan untuk orang-orang yang tidak bisa diuji dengan menggunakan cara-cara yang biasa. Instruksi bisa diberikan lewat demonstrasi, gerak tubuh, dan pantomin.
Prototipe tes kelpompok nonbahasa adalah Army Examination Beta yang digunakan untuk merekrut orang berbahasa asing dan buta huruf. Lalu tes nonbahasa ini digunakan untuk anak sekolah dasar dan prasekolah, dan buta huruf. Tes ini diselenggarakan secara individual.
contoh: sering munculnya pemberitaan tentang orang tunanetra dengan prestasi tinggi, misalnya mereka yang dapat mengoperasikan komputer dengan baik, atau berhasil meraih gelar akademik yang prestisius, atau berhasil dalam karir profesionalnya. Masyarakat sering memandang ini sebagai "langka tetapi nyata", sesuatu yang mengagumkan. Pemberitaan seperti ini tidak berhasil mengubah stereotipe negatif tentang ketunanetraan, karena di balik kekaguman itu tersirat pikiran bahwa orang tunanetra pada umumnya tidak dapat atau tidak seharusnya demikian, sehingga bila masyarakat melihat contoh orang tunanetra melanggar ekspektasi negatif tersebut, itu hanya dipandang sebagai kasus kekecualian. Dengan kata lain, ekspektasi masyarakat terhadap orang tunanetra masih tetap rendah.
Gambaran di atas menunjukkan bahwa masyarakat masih cenderung memposisikan orang-orang tunanetra sebagai kelompok yang oleh Pedersen (1981) disebut sebagai populasi khusus (special population), yaitu kelompok minoritas yang sering dihambat aksesnya ke berbagai layanan umum termasuk layanan konseling. Studi kasus ini bertujuan menemukan apakah diskriminasi semacam ini dialami juga oleh siswa-siswa tunanetra dalam layanan konseling di sekolah menengah tingkat atas reguler di mana mereka merupakan kelompok minoritas di sekolah yang mayoritas siswanya adalah orang-orang awam.
macam-macam tes populasi khusus:
1. Pengetesan bayi dan anak sekolah.
2. Penaksiran komperhensif atas orang-orang keterbelakangan mental.
3. Pengetesan pada penyandang cacat jasmani.
4. Pengetesan multikultural.
Rangkuman Sejarah Awal Perkembangan Psikodiagnostik:
BalasHapus2200 SM Pemerintah kerajaan Cina mulai mengadakan tes seleksi penerimaan pegawai baru
1862 Wilhelm Wundt menciptakan pendulum untuk mengukur kecepatan berpikir
1884 Francis Galton mengadministrasikan test battery pertama untuk ribuan orang di International Health Exhibit
1890 James McKeen cattel menggunakan istilah tes mental di dalam menggunakan alat tes battery yang diciptakan Galton
1901 Clark Wissler menemukan fakta bahwa Brass Instrument tidak memiliki kolerasi dengan pencapaian nilai akademik seorang individu
1905 Binet dan Simon menemukan tes kecerdasan modern pertama
1914 Stern memperkenalkan konsep IQ
1916 Lewis Terman merevisi alat tes Binet dan Simon è lahirlah Stanford dan Binet è Revisi tahun 1937, 1960, 1986
1917 Robert Yerkes menciptakan Army Alpha dan Army Beta untuk merekrut sukarelawan Perang Dunia I
1917 Robert Woodworth menciptakan Personal Data Sheet, alat tes kepribadian pertama
1920 Rorschach Inkblot ditemukan oleh Herman Rorschach
1921 Psychological Corporation, peneliti utama dari alat-alat tes psikologi didirikan oleh Cattelll, Thorndike, dan Woodworth
1927 Edisi pertama Strong Vocational Interest Blank diterbitkan
1939 Wechsler-Bellevue Intelegence Scale diterbitkan revisi tahun 1955, 1981, dan 1997
1942 Minnesota Multiphasic Personality Inventory diterbitkan
1949 Weschler Intelegence Scale untuk anak-anak diterbitkan revisi tahun 1974 dan 1991
sumber: http://samuelnugraha.wordpress.com/2012/09/11/pengantar-psikodiagnostika/